Senin, 03 Agustus 2009

Merubah tenaga colt diesel 6ban PS 100 standar menjadi PS 100 HD


Banyak orang berasumsi untuk ankutan berat harus memiliki kendaraan dengan PS yang lebih besar, padahal tidak mesti demikian dari segi isi selinder PS 120 lebih besar otomatis dari konsumsi bahan bakar lebih boros karena Cuma mengandalkan power mesin.

Dari pengalaman saya memiliki truk mitsubhisi PS 100 tahun paling muda tahun 2000, saat itu belum ada Colt diesel type HD, setelah saya pelajari perbedaan nya apa antara HD dan standar ternyata dari putaran AS roda ke gardan , standar memiliki putaran 6/37 (6.366), sementara HD memiliki putaran 6.666 (6/40).

Saya coba menukar pinion gear beserta Ring gear yang saya order import ex korea dan saya pasang ke mobil yang sudah tua tahun 1995 Colt Diesel PS 100, ternyata hasil nya sangat memuaskan tidak pernah ada keluhan walau muatan pasir hingga 8 m2 kalo di asumsi berat sekitar 12-14 ton.

Saya membagi pengalaman ini karena saya prihatin harga truk ¾ sekarang sudah terlalu mahal untuk mengankut hasil tambang /pasir, dll. Sudah tidak sesuai dengan margin penjualan nya.

27 komentar:

  1. info bagus mas, jadi secara logika bedanya dengan yang HD beda di final gearnya saja supaya lebih ringan yah?

    BalasHapus
  2. Boleh tau gak mas jenis gear dan pinio yg mas pasang. Apa bisa muat ke gardan ps 100 canter th 2009.

    BalasHapus
  3. Yuliyanto tan kalo mau tenaganya besar terutama di tanjakan mantap ganti Aja pinion plus ring ukuran 3/40 milik ragasa dan imbangi dog transmisinya milik truk fuso fighter yg bobotnya agak ringan sebab bentuk barangnya agak Kecil di banding dog fuso lainya atau cari punya truk Fuso medium FM ini asli 6 speed. Ini aq jam in tidak mengurangi kecepatan larinya .

    BalasHapus
  4. kalau silinderkop colt diesel 100 ps di ganti pakai silinder kop mesin ps 100 bs gak ?

    BalasHapus
  5. Beli aja ke toko spare part Piringan jumlah siripnya 40 sekalian gigi nanasnya, itu aja kalau sy simak, mohon shae kalau salah komen, bagusnya lagi batoknya diganti yg forklif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos mobil saya baru turun mesin tapi tenaganya malah ga ada padahal enjektor nosel udh di servis caranya bagei mana ya minta saran terima kasih

      Hapus
  6. Beli aja ke toko spare part Piringan jumlah siripnya 40 sekalian gigi nanasnya, itu aja kalau sy simak, mohon shae kalau salah komen, bagusnya lagi batoknya diganti yg forklif

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Apakah apakah cuma pinion gear dan ring gear aja yg diganti mas?tidak ada yang lain?

    BalasHapus
  9. Tetap Kang ga bisa di pakai lama.....100 PS gardan nya kecil, klo d push, ya Ga kuat lama, apalagi buat pasir, harus punya supir apik

    BalasHapus
  10. Mau tanya gan apakah gardan dan transmisi ps 100 bisa di ganti milik fuso figther ps 190, krn Dyna saya th 2010 gardan dan transmisi saya tukar milik fuso tenaga dan larinya boleh tanding dg colt diesel angkut cabe/ikan.

    BalasHapus
  11. Mau tanya gan apakah gardan dan transmisi ps 100 bisa di ganti milik fuso figther ps 190, krn Dyna saya th 2010 gardan dan transmisi saya tukar milik fuso tenaga dan larinya boleh tanding dg colt diesel angkut cabe/ikan.

    BalasHapus
  12. Mobil saya ps 100.knp ya boz klw rpm tinggi terus lepas gas qk turunya lamban pdh kabel gas normal asapnya pun tebal. Nosel jg udah di ganti

    BalasHapus
  13. Mobil saya ps 100.knp ya boz klw rpm tinggi terus lepas gas qk turunya lamban pdh kabel gas normal asapnya pun tebal. Nosel jg udah di ganti

    BalasHapus
  14. Mau tanya om....bedanya gardan ps 100 cumplung dan ps 100 kepala kotak apa?? Takut salah beli

    BalasHapus
  15. Mau tanya mas, ,klo ps110.di ganti trasmisi nya ama punya super speed ,pendapat nya gimana apakah ad perubahan untuk tenaga

    BalasHapus
  16. Emang bener mas, ragasa 120 HD rasionya 6.666?

    BalasHapus
  17. Klau di ganti nosel y aja bisa kuat tenagaya gan

    BalasHapus
  18. Mksih bos infonya...pnyku ps 💯 kurang tnganya

    BalasHapus
  19. Ada yg jual gierset yg lebih dari 6x40 gak kayak 6x43 gitu

    BalasHapus
  20. Kalou as roda ps 100 di pakek ke ps 120 apakah bisa

    BalasHapus
  21. Mau konsultasi mas apa kalo kita ganti kronwil 110 (mobil canter 110)di pasang dengan yang kronwil 125 itu tidak terpengaru pada mesin atau bangai mana,mohon panduan

    BalasHapus
  22. Tlg, mas, share, sy, mo ganti gear set,ps 100 umplung, 6x37 ,di ganti 6x40, apakah rumahannya cocok ,?

    BalasHapus
  23. Ps100 gardan 5714 bisakah diganti piringan 6*40 dan apakah masuk.dan apa yang harus diganti..

    BalasHapus